eTiK@

Hidup lurus, terencana, sabar dan sederhana.

Muxlim.com (Facebook ala Islam)

Posted by etik@ on April 20, 2009

Situs pertemanan di dunia virtual makin digandrungi. Jika Mark Zuckerberg mendirikan Facebook yang mengantarkan dia sebagai salah seorang paling berpengaruh di dunia pada 2008 versi Time, tangan kreatif Mohamed El-Fatary melahirkan Muxlim, yang diklaim sebagai situs jejaring pertemanan muslim terbesar di dunia.

Kehadiran Muxlim menjadi penolong bagi kalangan muslim konservatif yang tetap ingin berhubungan dengan lawan jenisnya. Sebab, lewat komunitas online itu mereka tetap bisa berhubungan. Situs ini juga membuka ajang bagi mereka yang ingin mengenal atau berdiskusi tentang Islam. Fasilitas yang diberikan sama dengan situs lain. Sebut saja pemutar video, berita, gambar, blog dan chat yang berhubungan dengan kebudayaan muslim dan tentang Islam. Read the rest of this entry »

Posted in Islam | Tagged: , , | 1 Comment »

Ingat! Ingat! Ingat!

Posted by etik@ on March 6, 2009

PEMILU 9 APRIL 2009

KPU menetapkan hari Kamis, 9 April 2009 :
adalah hari pemungutan suara untuk Pemilu 2009.
Keputusan untuk mengubah jadwal yang sebelumnya 5 April 2009.
Diputuskan dalam rapat pleno KPU dengan mempertimbangkan sejumlah masukan dari berbagai pihak termasuk Presiden, Mendagri, dan MK. Ketua KPU Hafiz Anshary didampingi anggota KPU.

Tata cara pemberian suara pada surat suara pada pemilu 2009 mendatang, pemilih cukup melakukan centang (ceklis) satu kali pilihan pada kolom salah satu partai, atau kolom nomor calon atau kolom nama calon anggota legislatif.

Sesuai dengan peraturan KPU nomor 35 tahun 2008 mengenai tata cara pemilihan, cukup memberikan tanda centang. Sehingga pencoblosan melalui paku coblos tidak berlaku lagi seperti pemilihan tahun sebelumnya.

Dalam peraturan KPU nomor 35 pasal 40, pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT cukup memilih dan membubuhkan tanda centang pada kolom kecil yang telah disediakan. ”dilarang membubuhkan tulisan dan catatan lain pada surat suara, karena apabila ditemukan seperti itu, maka suara dinyatakan tidak sah,”

Dalam pemilihan umum yang akan berlangsung 9 april 2009 mendatang, para pemilih dianjurkan memilih hanya satu centang pada kolom. Bisa mencentang kolom nama partai atau kolom nomor urut calon, atau kolom nama calon anggota dpr/dprd provinsi/DPRD kabupaten kota.

Untuk pemilihan DPD, para pemilih cukup memilih atau centang foto calon tersebut. “ dalam pemilu 2009 mendatang, para pemilih cukup menggunakan pena khusus dari KPU.

Sekali mencentang tidak boleh lagi berubah. Jika dicoret centrangan pertama lalu mencentang ke pilihan lainnya, surat suara dianggap batal. ”jadi sebelum mencentang, harus benar-benar ditetapkan secara matang, siapa yang akan dipilih,”

Jangan sampai salah pilih untuk Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Periode 2009-2014 dari Jawa Timur. Pemilihan calon anggota DPD bukan dari parpol lho? tapi neh dari organisasi masyarakat…

Warga Jawa Timur Ojo Lali Yo…Centang gambar seperti dibawah ini :

Photobucket

Posted in Uncategorized | Tagged: , , , , , , , | 1 Comment »

Muslimah Berenang? Kenapa Tidak?

Posted by etik@ on February 2, 2009

dalam-airDi Jakarta dan sekitarnya sebut saja ada The Atlantis ancol, waterboom Lippo Cikarang, waterboom Karawasi BSD, Pantai Indah Kapuk, Nirwana Bogor. Di Jawa Timur ada Jatim Park, Panddan Waterpark, Ciputra waterpark Surabaya. Di Purwokerto ada Owabong waterpark. Di Bali juga ada, di Samarinda juga ada, dan beberapa tempat lain di kota-kota besar di Indonesia.

Olah raga yang paling mengasyikkan buat aku sih…ya renang…tp dulu pertama kali pas mau renang aku d1z-03bingung neh…harus pakai baju apa? coz dirumah gak ada lahan bwt kolam renang c…adanya lahan bwt kos2an hehehe…otomatis kn harus pergi ke tempat renang umum…ada khusus cewek tapi jauh banget dari rumah…ya dulu sering ke sana…tapi sekarang da jarang coz aku da nemukan baju renang yang dimana aku gak perlu memperlihatkan aurat seorang muslimah. Kalau pakai kaos dan celana training biasanya dilarang oleh pengelola kolam renang. Ini ada alasannya karena bahan kaos dan celana training adalah dari bahan katun. Bahan katun ternyata menyerap kaporit (chlorin). Zat kaporit yang terserap dalam kaos dapat menggerus permukaan kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan kasar. Selain itu pula, serat-serat katun yang tertinggal di kolam dapat menyumbat filter-filter dan pompa kolam renang. Jika rusak akan membuat biaya perawatan kolam jadi tinggi.

Sekarang waktunya cewek-cewek muslimah gak perlu malu ataupun risih kalo lagi di kolam renang umum yang bukan khusus buat cewek…kata siapa muslimah gak bisa renang? kan sekarang uda ada Baju Renang Muslimah (BRM) yang dimana auratnya ditutup semua termasuk bagian kepala. Banyak muslimah yang berjilbab pake BRM mereka lincah banget berenang ma anak-anaknya…seneng deh ngliatnya jadi ada temen juga yang pake BRM. Hmmmm senengnya…

Posted in Islam, Kesehatan, Uncategorized | Tagged: , , | Leave a Comment »

Manfaat Renang

Posted by etik@ on February 2, 2009

Olah raga air bermanfaat besar bagi kesehatan, sebagai contoh berenang yang merupakan olah raga yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebab apabila kita melakukan salah satu gaya berenang misalnya gaya bebas, maka hampir seluruh otot tubuh semua terlibat, sehingga merupakan olahraga yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengutamakan kesegaran jasmani.

Meski begitu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan untuk mencegah kram otot. Selain itu, walaupun melakukan olah raga di dalam air, jangan lupa minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi yang mungkin terjadi. Tabir surya juga perlu digunakan, terutama jika berolah raga ketika sinar matahari belum tenggelam. Olah raga ini adalah pilihan yang tepat sebab selain dilakukan di lingkungan yang dingin tetap efektif untuk membakar lemak.

Pendapat ituadalah benar sebab sebab, saat berenang, misalnya, tubuh harus bergerak melawan air. Berenang jarak pendek sekalipun sudah cukup melibatkan sebagian besar otot-otot tubuh, yang sama artinya dengan membakar lemak yang ada dalam tubuh. Menurut penelitian, sekitar 25% kalori bisa terbakar dengan melakukan olah raga renang.

Selain itu dengan melakukan olah raga air ini, keuntungan lain yang didapat adalah berkurangnya ketegangan pada sendi-sendi. Penelitian menunjukkan bahwa berolah raga di dalam air dengan ketinggian sebatas pinggang dapat mengurangi ketegangan sendi hingga 50%, dan 75% jika dalamnya air sebatas dada.

Berenang juga baik untuk ibu hamil. Air yang menopang berat badan si ibu hamil amat berguna di trimester terakhir kehamilan, untuk memudahkan proses persalinan kelak.
Olah raga air, terutama renang juga bermanfaat sebagai terapi untuk penderita asma. Renang membantu menguatkan otot-otot organ pernapasan, sehingga gejala asma bisa berkurang.

Jika Anda tidak termasuk orang yang dapat berenang maka olahraga aquarobik dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Berasal dari kata aqua dan aerobik atau aerobik di dalam air. Olah raga ini merupakan salah satu olah raga kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).
Olah raga ini dasarnya adalah aerobik hanya saja tempatnya berbeda yaitu di kolam renang, di mana tidak ada ekstra beban terhadap sendi-sendi, tulang dan otot yang rapuh.

Kondisi air yang tanpa tekanan dapat mengeliminasi risiko cidera yang kadang bisa terjadi pada daratan. Olah raga ini sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan persendian, cidera pada tulang otot, para lansia, kelebihan berat badan dan wanita hamil. Jadi, olah raga ini cocok bagi semua orang-pemula atau mahir perenang atau yang bukan perenang.

Walaupun bagi yang tidak bisa berenang, olah raga ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman, jadi Anda perlu berlatih pada kolam yang dangkal jadi Anda bisa lebih leluasa. Olah raga dalam air ini adalah pengalaman yang menyenangkan karena membuat Anda tetap dingin dan rileks, serta badan pun tetap fit.

Posted in Kesehatan | Tagged: , | 4 Comments »

Berenang: Sehat dan Menyenangkan

Posted by etik@ on February 2, 2009

ac4 ingin olahraga yang tidak membuat berkeringat dan kepanasan? Cobalah berenang. Dengan renang, manfaat olahraga tanpa harus kepanasan atau berkeringat bisa didapat. Tubuh bugar, hati pun bahagia.

Olahraga Yang “Bersahabat”

Berenang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan berenang seluruh tubuh bergerak, kelompok otot-otot besar akan digunakan seperti otot perut, otot lengan, pinggul, pantat dan paha. Berenang (di tempat dan kualitas air yang memenuhi syarat kesehatan dan keamanan), termasuk sebagai olahraga aerobik yang akan membuat paru-paru sehat, sendi lebih lentur terutama di bagian leher, bahu dan pinggul, karena bagian-bagian tubuh tersebut digerakkan.

Renang juga baik untuk mereka yang kelebihan berat badan, hamil, orang lanjut usia atau mereka yang menderita arthritis. Karena, ketika berenang seluruh berat badan ditahan air (mengapung); sehingga, sendi-sendi tubuh tak terlalu berat menopang badan.

Dengan renang akan terlatih menggunakan pernapasan secara efisien. Perkenalkan renang pada sejak awal pada anak-anak agar mereka menyukai karena sifatnya yang seperti “main air”. Dengan renang, tubuh akan membakar sekurang-kurangnya 275 kalori/jam, setara dengan bersepeda dan jalan-cepat. Meski kalori yang terbakar tak sebanyak dengan lari atau tenis misalnya, karena renang itu menyenangkan, bisa-jadi akan dilakukan lebih lama, sehingga, kalori yang dibakar bisa lebih banyak.

Memperoleh Manfaat Berenang

Agar bisa menmemperoleh manfaat renang, hendaklah berenang dengan benar. Kalau hanya bermain-main dengan air memang menyenangkan, tetapi hal ini hanya melibatkan aktivitas fisik yang sangat rendah.

Dianjurkan dengan bantuan instruktur renang yang berpengalaman, sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter spesialis kesehatan olahraga (SpKO) atau spesialis rehabilitasi medik (SpRM) terlebih yang bermasalah kesehatan. Perhatikan pula keamanan tempat renang demi kesehatan karena pada orang tertentu kejadian sakit akan lebih sering bila berenang. Perhatikan juga kualitas air misalnya: kejernihan, derajat-keasaman (pH) bahkan polusi, yang bisa saja dapat mengganggu kesehatan.

Mulailah dengan melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu, agar tubuh siap-gerak. Pemanasan akan membuat suhu tubuh dan detak jantung meningkat perlahan-lahan. Lakukan pemanasan dengan berjalan-jalan sekitar kolam renang selama 10 menit, lalu, regangkan sedikitnya 15 kali hitungan setiap otot. Peregangan salah satu upaya menghindari kram.

Lakukan pemanasan dan peregangan selama 5-10 menit, lalu teruskan dengan berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Jika memulai berenang sebagai program kebugaran, lakukanlah bertahap. Jangan langsung berenang selama 30 menit tanpa jeda, misalnya. Mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.

Kemudian akhiri dengan pendinginan, yaitu renang perlahan-lahan selama 5 menit. Tutup latihan dengan minuman kesukaan, misal segelas susu Bear Brand atau Milo. Lakukan hal ini setelah setengah jam usai berenang. Dengan minum Bear Brand atau Milo, energi dan vitalitas akan kembali.

Berenang selama 3-5 kali seminggu serupa manfaat olahraga aerobik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Buatlah acara renang untuk bersenang-senang misalnya dengan bergabung dengan klub penggemar renang untuk memperoleh variasi latihan. Bila mengajak anak berenang ketika harus ditinggal mintalah guard mengawasinya atau ajak main bersama menikmati luncuran-air atau main bola bersama.

Posted in Kesehatan | Tagged: , , | Leave a Comment »

Muhammadiyah Bangun Kemitraan dengan Muslim Inggris

Posted by etik@ on January 31, 2009

London – Muhammadiyah, baru-baru ini menjajaki kerjasama dengan beberapa institusi dan organisasi Muslim di Inggris. Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Zamroni, Haedar Nashir dan Muhajir Efendi dalam kunjungannya ke London diterima oleh Duta Besar Republik Indonesia, Yuri Octavian Thamrin dan mendapatkan dukungan penuh dari segenap staf KBRI London.

Sejumlah lembaga disambangi oleh PP Muhammadiyah, diantaranya Tony Blair Faith Foundation, Muslim Council of Britain dan Prinsipal Muslim College London. Muslim College merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam di Inggris yang berkempang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada pertemuan tersebut, Muslim College sangat mengharapkan kontribusi Muhammadiyah yang berpengalaman dalam pengelolaan dan pengembangan perguruan tinggi Muslim di Indonesia untuk turut memajukan Muslim College.

Disamping lembaga Islam, PP Muhammadiyah juga diterima oleh Director of Policy Tony Blair Faith Foundation, William Chapman. Pertemuan ini ditujukan untuk menginisiasi kerjasama antara Muhammadiyah dan Tony Blair Faith Foundation dalam kerangka dialog antar-iman dan dialog antar peradaban Islam dan Barat. Sedangkan dengan Muslim Council of Britain, PP Muhammadiyah diterima oleh Sekretaris Jendral, Muhammad Abdul Bari. Pertemuan ini membicarakan berbagai perkembangan organisasi dan institusi Muslim di Inggris Raya termasuk kerjasama kedua belah pihak.

Kunjungan PP Muhammadiyah diakhir dengan kegiatan Baitul Arqom Muhammadiyah dan Pengajian Umum untuk Masyarakat Indonesia di London pada hari Sabtu (10/01/09). Dalam dua kegiatan tersebut, Haedar Nashir menegaskan komitmen Muhammadiyah untuk terus mengembangkan Dakwah Islam dan tidak larut dalam euphoria partai politik yang sedang marak di tanah Air. Beliau juga membantah berita minor adanya kerjasama antara Muhammadiyah dengan Israel sebagaimana diberitakan oleh beberapa situs Internet belakangan ini. Pada hari berikutnya, rombongan PP Muhammadiyah bertolak ke Amsterdam untuk bertemu dengan beberapa lembaga Muslim di Belanda sebelum akhirnya ke Berlin, Jerman untuk misi yang sama.(Suharman/Mul)

Posted in Islam | Tagged: , | Leave a Comment »

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1430

Posted by etik@ on December 29, 2008

Photobucket

Photobucket

Posted in Islam | 2 Comments »

Peristiwa 10 November

Posted by etik@ on November 10, 2008

Peristiwa 10 November merupakan peristiwa sejarah perang antara Indonesia dan Belanda. Pada 1 Maret 1942, tentara Jepang mendarat di Pulau Jawa, dan tujuh hari kemudian, tepatnya, 8 Maret, pemerintah kolonial Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Sejak itu, Indonesia diduduki oleh Jepang.

Tiga tahun kemudian, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu setelah dijatuhkannya bom atom (oleh Amerika Serikat) di Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa itu terjadi pada Agustus 1945. Mengisi kekosongan tersebut, Indonesia kemudian memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Sebelum dilucuti oleh sekutu, rakyat dan para pejuang Indonesia berupaya melucuti senjata para tentara Jepang. Maka timbullah pertempuran-pertempuran yang memakan korban di banyak daerah. Ketika gerakan untuk melucuti pasukan Jepang sedang berkobar, tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta, kemudian mendarat di Surabaya pada 25 Oktober. Tentara Inggris didatangkan ke Indonesia atas keputusan dan atas nama Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Tetapi, selain itu, tentara Inggris juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda sebagai jajahannya.NICA (Netherlands Indies Civil Administration) pun membonceng. Itulah yang meledakkan kemarahan rakyat Indonesia di mana-mana.

Di Surabaya, dikibarkannya bendera Belanda, Merah-Putih-Biru, di Hotel Yamato, telah melahirkan Insiden Tunjungan, yang menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dengan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya, memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober.

Setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, penggantinya (Mayor Jenderal Mansergh) mengeluarkan ultimatum yang merupakan penghinaan bagi para pejuang dan rakyat umumnya. Dalam ultimatum itu disebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Batas ultimatum adalah jam 6.00 pagi tanggal 10 November 1945.

Ultimatum tersebut ditolak oleh Indonesia. Sebab, Republik Indonesia waktu itu sudah berdiri (walaupun baru saja diproklamasikan), dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) sebagai alat negara juga telah dibentuk.

Selain itu, banyak sekali organisasi perjuangan yang telah dibentuk masyarakat, termasuk di kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar. Badan-badan perjuangan itu telah muncul sebagai manifestasi tekad bersama untuk membela republik yang masih muda, untuk melucuti pasukan Jepang, dan untuk menentang masuknya kembali kolonialisme Belanda (yang memboncengi kehadiran tentara Inggris di Indonesia).

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang.

Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.

Pihak Inggris menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank, dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak.

Namun di luar dugaan, ternyata para tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari kalangan ulama’ serta kiyai-kiyai pondok jawa seperti KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Hasbullah serta kiyai-kiyai pesantren lainnya mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat umum (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kiyai)juga ada pelopor muda seperti bung tomo dan lainnya. sehingga perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh di tangan pihak Inggris.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Posted in Uncategorized | Leave a Comment »

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H

Posted by etik@ on October 1, 2008

Photobucket

Posted in Islam | Leave a Comment »

Marhaban Yaa Ramadhan

Posted by etik@ on August 30, 2008

Saat anugerah terindah itu datang.
Ingin berada didalamya dengan penuh kesyahduan doa.
Teriring pesan kecil ini, ijinkanlah maaf ini engkau terima.
Jika duri telah menoreh luka, hadapilah kami selayaknya manusia-manusia yang penuh dosa.
Semoga Ramadhan kita terasa indah dan dalam selimut Keridhaan Ilahi Rabbi.
Semoga diri kita menjadi hamba yang bersabar dihadapan-Nya.
Sambut Ramadhan dengan senyuman, karena dia pun menyampamu dengan senyuman yang terindah.
Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Yaa Syahrul Mubarak!

Maafkan Lahir Batin. Selamat menjalankan shaum Ramadhan 1429 H

Posted in Islam | Tagged: , , , | Leave a Comment »