eTiK@

Hidup lurus, terencana, sabar dan sederhana.

Lansia: Robot, Tolong Saya Dong!

Posted by etik@ on April 19, 2008

Amerika Serikat – Memasuki masa tua, lansia memang membutuhkan orang lain untuk merawatnya. Saat ini tengah dikembangkan sebuah robot yang dapat menggantikan tugas perawat untuk mengurus para lansia tersebut.

Robot perawat yang diberi nama uBOT-5 ini dikembangkan oleh Rod Grupen, ilmuwan komputer dari University of Massachusetts. uBOT-5 dilengkapi dengan dua tangan yang dapat membawa benda-benda kecil, serta bergerak dengan dua roda.

Uniknya, robot ini juga dapat menggunakan stetoskop untuk memeriksa kondisi kesehatan lansia, bahkan mampu melakukan panggilan 911 di saat darurat.

Platform asli robot ini, seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Sabtu (19/4/2008), telah dimodifikasi untuk membawa sebuah layar video di kepala dan serangkaian sensor untuk menyadari ketika seseorang terjatuh atau dalam kondisi kritis.

Robot uBOT-5 dibandrol US$ 65 ribu (sekitar Rp 598 juta). Namun, harga ini disinyalir bisa turun jika robot tersebut diproduksi secara massal. Bandingkan dengan gaji untuk seorang perawat part time di Amerika Serikat yang berkisar US$ 1500 per minggu (sekitar Rp 13,8 juta).

Hebatnya lagi, uBOT-5 juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bersih-bersih, belanja atau bisa juga berfungsi sebagai mesin pengingat panggilan dengan bantuan webcam, mikrofon, LCD touch-screen, dan koneksi internet mobile. uBOT-5 beroperasi dengan menggunakan baterai lithium ion dan dikendalikan dengan komputer yang berbasis Linux.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: