eTiK@

Hidup lurus, terencana, sabar dan sederhana.

Manfaat Renang

Posted by etik@ on February 2, 2009

Olah raga air bermanfaat besar bagi kesehatan, sebagai contoh berenang yang merupakan olah raga yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebab apabila kita melakukan salah satu gaya berenang misalnya gaya bebas, maka hampir seluruh otot tubuh semua terlibat, sehingga merupakan olahraga yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengutamakan kesegaran jasmani.

Meski begitu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan untuk mencegah kram otot. Selain itu, walaupun melakukan olah raga di dalam air, jangan lupa minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi yang mungkin terjadi. Tabir surya juga perlu digunakan, terutama jika berolah raga ketika sinar matahari belum tenggelam. Olah raga ini adalah pilihan yang tepat sebab selain dilakukan di lingkungan yang dingin tetap efektif untuk membakar lemak.

Pendapat ituadalah benar sebab sebab, saat berenang, misalnya, tubuh harus bergerak melawan air. Berenang jarak pendek sekalipun sudah cukup melibatkan sebagian besar otot-otot tubuh, yang sama artinya dengan membakar lemak yang ada dalam tubuh. Menurut penelitian, sekitar 25% kalori bisa terbakar dengan melakukan olah raga renang.

Selain itu dengan melakukan olah raga air ini, keuntungan lain yang didapat adalah berkurangnya ketegangan pada sendi-sendi. Penelitian menunjukkan bahwa berolah raga di dalam air dengan ketinggian sebatas pinggang dapat mengurangi ketegangan sendi hingga 50%, dan 75% jika dalamnya air sebatas dada.

Berenang juga baik untuk ibu hamil. Air yang menopang berat badan si ibu hamil amat berguna di trimester terakhir kehamilan, untuk memudahkan proses persalinan kelak.
Olah raga air, terutama renang juga bermanfaat sebagai terapi untuk penderita asma. Renang membantu menguatkan otot-otot organ pernapasan, sehingga gejala asma bisa berkurang.

Jika Anda tidak termasuk orang yang dapat berenang maka olahraga aquarobik dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Berasal dari kata aqua dan aerobik atau aerobik di dalam air. Olah raga ini merupakan salah satu olah raga kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).
Olah raga ini dasarnya adalah aerobik hanya saja tempatnya berbeda yaitu di kolam renang, di mana tidak ada ekstra beban terhadap sendi-sendi, tulang dan otot yang rapuh.

Kondisi air yang tanpa tekanan dapat mengeliminasi risiko cidera yang kadang bisa terjadi pada daratan. Olah raga ini sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan persendian, cidera pada tulang otot, para lansia, kelebihan berat badan dan wanita hamil. Jadi, olah raga ini cocok bagi semua orang-pemula atau mahir perenang atau yang bukan perenang.

Walaupun bagi yang tidak bisa berenang, olah raga ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman, jadi Anda perlu berlatih pada kolam yang dangkal jadi Anda bisa lebih leluasa. Olah raga dalam air ini adalah pengalaman yang menyenangkan karena membuat Anda tetap dingin dan rileks, serta badan pun tetap fit.

About these ads

4 Responses to “Manfaat Renang”

  1. riniyudianto said

    saya bulan april 2010 juga menderita HNP L/S 5-1, saya tidak rawat inap, tapi melakukan terapi rutin di avacin medical centre selama 1,5 bulan. Setelah kondisinya stabil, saya disarankan untuk berenang oleh dokter avasin yang merawat saya. gaya yg disarankan adalah gaya dada. itu yang paling aman untuk penderita HNP. Alhamdulillah sampai saat ini saya rutin berenang minimal seminggu 2 kali. selain HNPnya sembuh, badan menajdi lebih slim dan fit. walpoun perempuan berjilbab, juga no problem tohj belajar renang. Oia sy sebelumnya tidak bisa berenng sama sekali, dan seteah menderita HNP itu saya baru mulai START latihan renang. Tidak ada kata terlambat…

  2. Bayu said

    Mantaf gan infonya.. Terima kasih..

  3. karida said

    sekitar bulan september lalu saya menderita sakit syaraf kejepit / HNP lumbar 5 – 4 , sudah di MRI di rumah sakit S (karawaci) , kemudian dirawat di rumah sakit cilegon sekitar 2 minggu . Saat ini sudah bekerja kembali , cuma belum boleh mengendarai mobil sendiri (saran dr syaraf).
    mohon diberikan penjelasan , gaya berenang yang paling efektif / boleh dilakukan oleh saya . saya (pria) dulu seorang perenang club di jakarta , saat ini umur saya 52 th. terima kasih .

  4. goood, harus dicoba demi kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: